Persiapan Sukses Seleksi Administrasi Essay Beasiswa CCIP Kuliah di Amerika

10.50

Sumber : Foto Akun Facebook AMINEF/Fulbright Indonesia
“Success is where preparation and opportunity meet.” - Bobby Unser

Alhamdulillah, puji syukur yang sebanyak-banyaknya atas kesempatan yang Allah SWT berikan kepada ku atas kesempatan Interview Selection for Community College Initiative Program (CCIP) tanggal 17 januari 2018 kemarin di AMINEF, Intiland Tower lantai 11. Aaaahhh pokoknya lega banget sudah wawancara dan sudah melakukan yang terbaik, sisanya hanya pasrah saja sama ketentuan-Nya. Semoga diberikan yang terbaik, aamiin. Mohon doa-nya yaa teman-teman o:)

Sesuai janji pada posting sebelumnya, defir akan membagikan pengalaman yang dilalui atas perjuangan meraih beasiswa ke Amerika ini. Sekarang kita akan membahas tentang 3 Rahasia Sukses Menulis Essay yang penuh makna untuk essay CCIP. Karena untuk melamar beasiswa ini, kita harus memiliki kemampuan minimal bahasa inggris yang dibuktikan melaui tes TOEFL ITP (Listening, Grammar, and Reading Skills) dan essay ini merupakan ujian Writing Skills yang juga menjadi kunci penting dan utama agar bisa lolos ke tahap berikutnya yaitu sesi Interview Selection untuk mengetahui Appearance, Attitude and Speaking Skills yang kita miliki.

Baca posting sebelumnya: Pengalaman Belajar dan Rekomendasi Buku TOEFL ITP

Tapi sebelum membahas tentang essay, saya mau bahas singkat dulu apa itu CCI Program, apa saja persyaratan untuk melamar, program studi yang disediakan, dan dokumen yang harus dipersiapkan. Dengan demikian, temen-temen menemukan ketertarikan, kecocokan dan kesiapan untuk beasiswa ini.


Pengenalan Singkat Beasiswa CCIP

Sumber: Foto Akun Facebook AMNEF/Fulbright Indonesia
Community College Initiative Program (CCIP) adalah program beasiswa non-degree program yang diberikan oleh The U.S Department of State atau pemerintah Amerika Serikat untuk kuliah selama 1 tahun di community college untuk meningkatkan kemampuan penerima beasiswa dalam professional/technical skills, juga membantu meningkatkan kemampuan bahasa inggris kita, dan yang paling penting adalah meningkatkan kemampuan kepemimpinan sehingga saat kembali ke Indonesia bisa memberikan kontribusi nyata.

Program studi yang disediakan oleh CCIP yaitu : Agriculture, Applied Engineering, Business Management and Administration, Early Childhood Education, Information Technology, Media, Public Safety, Tourism and Hospitality Management. Kalau ada yang cocok segera pantaskan diri untuk memenuhi segala persyaratan dan dokumen yang diperlukan yaaa.

Persyaratan beasiswa ini secara singkat : (1) Minimal lulusan SMA/D1/D2/D3, (2) Jika lulusan S1 boleh melamar asalkan prodi yang dipilih berbeda dengan pendidikan sebelumnya, (3) Punya pengalaman kerja/bisnis minimal 1 tahun dan maksimal 5 tahun, (4) Punya pengalaman kepemimpinan, organisasi atau volunteer, dan (5) Skor TOEFL ITP minimal 500 jika ingin aman, tapi diatas 450 pun dipersilahkan melamar.

Biaya yang di-cover adalah sebagai berikut J-1 Visa Support (bantuan mendapatkan visa pelajar), Flight Ticket (Indonesia-Amerika-Indonesia), Tuition and Mandatory College Fees (biaya perkuliahan), Housing and Meals (tempat tinggal dan makan), Allowance for Books and Incidental Expenses (uang saku), Insurance (asuransi), Variety of Personal and Professional Development Activities (Beragam akitifitas pengembangan diri).

Untuk timeline dan dokumen yang diperlukan silahkan baca di-page : 2018 CCIP’s Timeline

Semoga intro tentang CCI program ini memberikan informasi kepada semuanya untuk berani melamar beasiswa ini untuk mewujudkan mimpi meraih studi ke luar negeri :) dan yuk, langsung ke pembahasan utama kita.

3 Rahasia Sukses Menulis Essay CCIP (Community College Initiative Program) atau Program Beasiswa Lainnya

1. Brainstorming: Ini adalah tahap yang paling dasar, yakni kita harus memahami sangat dalam pertanyaan yang ditanyakan dan mengira-ngira apa jawaban yang harapkan oleh penyeleksi berkas untuk pertanyaan-pertanyaan yang ada di essay tersebut. Setelah itu, ketika jawaban terlintas dalam pikiran sebaiknya langsung kita tulis pada list brainstorming tersebut.

Source: google images and edited by defir
Penjelasan dan contoh: Brainstorming untuk Pertanyaan Essay/Interview Beasiswa

Setelah meng-klik link diatas dan memahaminya, dibagian brainstorming ini juga saya mau menambahkan bahwa disetiap pertanyaan essay diharapkan kita memberikan sentuhan personal value seperti vulnerability, passion, personal development, diversity, meaningful work, leadership, community, inspiration, respect, communication, trust, adaptability, friendship, family, emphatic, helping other, excellence, power, commitment, etc.

Pilihlah salah satu atau beberapa value diatas sesuai dengan apa yang dibutuhkan essay untuk memiliki jawaban yang penuh makna. Tersiratkanlah value tersebut pada essay beasiswa kita yang disajikan melalui pilihan pengalaman relevan dan terbaik yang pernah kita lalui. Apabila pertanyaan essay bersifat studi kasus berikan sentuhan personal value / ilustrasi pengalaman juga pada uraian essay yang kita berikan. Jadi rumusnya adalah:

EXCEL WRITING ESSAY = UNDERSTAND THE QUESTIONS + BRAINSTORMING (EXPERIENCES x VALUES)

2. Writing with Supporting Software : Ini adalah tahap penulisan essay dalam bahasa inggris. Setelah kita menulis kerangka brainstorming, kita harus meng-elaborate ide yang kita tentukan. Dalam penulisan, saran defir adalah: please don’t write your essay in your native language then translating to English! You must think in English what ideas, experiences or values do you want to deliver. Makanya saya nulis langsung dalam bahasa inggris menggunakan grammarly, nanti akan ada koreksi langsung jika grammar kita tidak tepat. Bahkan jika berlangganan premium, kita dibantu dalam meningkatkan vareasi kualitas vocabulary, memeriksa kalau essay kita itu plagiat atau tidak, memeriksa contextual spelling, punctuation, sentence structure and style.

Jika ingin mencoba, silahkan daftar dan nikmati fasilitas akun gratisnya dengan membuka situs: https://www.grammarly.com/

By the way, defir meberikan saran menggunakan aplikasi ini karena sangat merekomendasikannya untuk yang ingin menulis sangat baik dalam bahasa inggris. Saya berlangganan grammarly premium untuk satu tahun, dari nopember 2017 sampai dengan sekarang bermanfaat banget untuk penulisan essay saat seleksi awal, essay tambahan saat diundang wawancara, dan penulisan script interview untuk seleksi beasiswa CCIP. Makanya aplikasi ini menjadi salah satu yang membantu saya sukses dan lancar sampai masuk ke tahap wawancara.

Jika teman-teman ingin berlangganan premium juga, temen-temen harus punya kartu kredit, soanya pembayarannya internasional jadi tidak terima transfer bank. Tapi jika tidak punya kartu kredit dan ingin sekali untuk memperbarui free account menjadi premium account di grammarly, bisa menggunakan BNI Debit Online yaa dengan cara registrasi di Mobile Banking gitu. Waah pokoknya BNI memudahkan sekali bagi yang tidak punya kartu kredit, thanks so much BNI, karena mu aku bisa berlangganan grammarly, hahaha.. (Eh, ini bukan promo berbayar yaa kawan, hanya kicauan kepuasan pelanggan saja  yang menggunakan Grammarly dan BNI).

NB. Kalau sedang menghemat, saya sarankan tidak usah berlangganan yaa, pakai akun gratis grammarly aja sudah worth it kok! dan bisa juga ditambah dengan spellcheckplus.com dan yang paling bagus lagi dibantu ditungkatkan kualitas konsep essaynya dan diperbaiki grammarnya bersama sahabat atau mentor ;)

3. Mentoring and Proofreading : Posting ini sebenarnya defir dedikasi untuk mentor terbaik ku, kak Icha Khairunnisa. Aaaaahh kalau tanpa kak Icha, ide-ide essay ini pasti tidak akan setajam silet. Hehehe. Izin ya kak menceritakan sedikit tentang kakak :) Kak Icha adalah alumni CCIP 2016, lulusan S1 Jurusan Hubungan Internasional dan untuk CCI Program mengambil Human Resources khususnya di Training and Development, juga sebagai inisiator Muda Mengajar di Kalimantan, dan sekarang sedang bekerja di perusahaan bonfid di perusahaan konsultan SDM terbaik Willis Tower Watson di Jakarta. Such an Inspirational Girl! Dan orangnya asli baik banget dan sharing semua pengalamannya bahkan mau koreksi essay saya sampai beberapa kali. Mostly, kita komunikasi via facebook, whatsApp dan email dan alhamdulillah kak Icha juga memberikan waktu untuk bisa ketemu dua kali, pertama ketemu setelah essay CCIP saya selesai dan kedua untuk mock interview/simulasi wawancara. Aaah bergetar hati ini membayangkan moment-moment itu, Thank you sooooooooooo much kak.
The First Meet Up Mentor and Mentees: bersama Kak Icha (Yang Pakai Jam Tangan) dan Anggota Fasil saat defir jadi Fasilitator Forum Indonesia Muda FIM 19 (Aris IPB - ujung kiri, Runny - Video call, Faqih UI - baju biru dan Dayan ujung Kanan)  
Defir bisa sampai tahap penantian hasil interview ini, salah satunya berkat bantuan Kak Icha. Semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan, kebahagian dan kesuksesan dunia akhirat untuk Kak Icha, aamiin. Dan harapannya semoga saya bisa diterimanya beasiswa ini, sehingga pengorbanan kak Icha selama ini tidaklah sia-sia. Aamiin. Jikalaupun belum rezekinya, proses yang saya lalui ini, saya percaya at least dengan memiliki pengalaman perjuangan yang luar biasa ini dapat membuat saya menjadi pribadi yang lebih baik. Once more, thanks kak Icha.

Back to the topic, tuh guys tahu kan sekarang kalau punya mentor untuk beasiswa itu banyak sekali faedahnya. Setidaknya jika tidak menemukannya, kita bisa pelajari dari blog-blog alumni CCIP lainnya. Itu sangat membantu sekali untuk kesuksesan aplikasi beasiswa kita. Intinya yaaa guys, essay kita itu sangat membutuhkan sekali yang namanya proofreading, tujuannya untuk mengetahui apakah jawaban kita sudah tepat menajawab pertanyaan yang diharapkan di-essay, apakah essay kita to the point dan tidak bertele-tele, apakah kualitas grammar kita sudah baik dan bebas dari typo, dan paling penting mendapatkan ide tambahan dari alumni yang sudah berpengalaman untuk meningkatkan kualitas essay kita.

Referensi Essay CCIP dari Blog Alumni :
Contoh Essay CCIP 2012 oleh Ilham
- Contoh Essay CCIP 2015 oleh Ziadah
Contoh Essay CCIP 2016 oleh Morten
Tips Menjawab Essay CCIP 2016 oleh Fatimah
Tips Menjawab Essay CCIP 2017 oleh Tri
Persiapan meraih CCIP 2016 oleh Melita
- Proses seleksi CCIP 2017 oleh Robertho
- Episode 1 Seleksi CCIP 2018 oleh Desi
- Seleksi Administrasi CCIP 2018 oleh Rina

Penutup

Terakhir, defir mohon doa-nya kepada teman-teman pembaca agar 2-3 minggu lagi saat pengumuman hasil interview selection of CCIP bisa mendapatkan hasil bahwa saya diberikan kesempatan untuk lanjut ke tahap selanjutnya sehingga bisa terus berbagi semua pengalaman di blog ini, aamiin. InsyaAllah, posting selanjutnya akan membahas tentang wawancara beasiswa CCIP ketika pengumuman-nya sudah keluar. Saya akan menjelaskan: jika saya berhasil, bagaimana mempersiapkan dan proses wawancaranya, dan jika belum rezekinya, saya akan refleksi untuk posting selanjutnya agar menjadi pembelajaran untuk kita semua dan officially terakhir posting tentang CCIP ((semoga sharing terus berlanjut Yaa Allah)). Thanks sudah mampir dan sudah baca, semoga bermanfaat dan kita bisa menjadi CCIPers selanjutnya. Fighting!

Bonus : Contoh Aplikasi dan Essay Beasiswa CCIP 2018 oleh Dede Firmansah (Essay CCIP 2018 sedikit berbeda pertanyaannya dengan tahun-tahun sebelumnya, lebih terperinci dan banyak studi kasus.)

– – – – – – – – – – –
Defir (Dede Firmansah) | Instagram: defir_shah | Twitter @defir_shah | Youtube: Defir Shah

You Might Also Like

5 komentar

  1. Defir, di salah satu syaratnya:
    "(2) Jika lulusan S1 boleh melamar asalkan prodi yang dipilih berbeda dengan pendidikan sebelumnya."
    Baru saya tahu ada alumni: https://www.aminef.or.id/erniatun-hartini/
    Beliau lulusan broadcasting S1 UGM dan belajar motion picture and television production melalui CCI.

    Menurutmu piye?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya pernyataan tersebut Defir kutip dari situs aminef "Applicants with D1, D2 or D3 degrees may apply, as well as THOSE HOLDING A BACHELOR'S DEGREE (S1) as long as they are applying in a field DIFFERENT FROM THE FIELD OF THEIR DEGREE and have relevant work experience in the field for which they are applying."

      sumber: https://www.aminef.or.id/grants-for-indonesians/fulbright-programs/fellowship/community-college-initiative-program/

      Naaah kalau dalam kasus tersebut, IMHO, jika defir menjadi penyeleksi CCIP ketika melihat background applicant "S1 Broadcasting" dan melamar untuk "Motion Picture and Television Production", defir akan berasumsi bahwa applicant tersebut ingin menjadi expert dalam sebuah ilmu aplikatif yang terkonsentrasi. Defir berasumsi bahwa jurusan tersebut berbeda, atau bisa dikatakan sama tapi dalam scope yang lebih spesifik.

      Mungkinlah itu sebabnya Kak Rieski, kakak alumni ini berhasil mendapatkan beasiswa CCIP ini disamping karena essay-nya mungkin sangat bagus dan penilaian juri pun terkesan dengan hasil interviewnya. :)

      Hapus
    2. Thanks Defir penjelasannya. Infonya saya teruskan ya ke teman yang kasusnya mirip.

      Hapus
  2. terima kasih defir sangat membantu :)

    BalasHapus
  3. kak kalo lulusan sma juga harus punya pengalaman kerja minimal 1 thn kah??

    BalasHapus